PT. GOJEK
INDONESIA
GO-JEK adalah sebuah perusahaan teknologi berjiwa sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di berbagai sektor informal di Indonesia.
Klasifikasi Sistem Informasi yang digunakan
Sistem Informasi merupakan kombinasi
dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu
untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah
sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang,
proses algoritmik, data, dan teknologi.
Adapun klasifikasi
sistem informasi terdiri dari dua jenis, yaitu sistem operasi dan sistem
manajemen. Berikut merupakan diagram sistem informasi pada Gojek :
Sistem Informasi untuk Operasi Bisnis
1. Transaction processing systems
Penjelasan :
Transaction processing systems(TPS)
mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan,
pembelian, dan perubahan persediaan. TPS menghasilkan berbagai informasi produk
untuk penggunaan internal maupun eksternal. Sebagai contoh, TPS membuat
pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian,
formulir pajak dan rekening keuangan. TPS juga memperbaharui database yang
digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh sistem informasi.
Analisa :
Sistem pembayaran Gojek masuk ke
dalam Transaction Processing System, dimana sistem informasi berfungsi sebagai
pengatur alur keluar masuknya transaksi yang terjadi di gojek. Transaksi disini
termasuk dalam kalkulasi biaya perjalanan, penambahan gojek kredit apa bila
pelanggan menambah jumlah depositnya dan juga pengurangan jumlah kredit karena
digunakan untuk membayar layanan Gojek.
Book order juga termasuk TPS,
didalamnya terdapat pengumpulan informasi dari user seperti penentuan lokasi
awal dan tujun, dan form lainnya.
2. Process Control Systems
Penjelasan :
Process control system (PCS)
merupakan karakteristik dari sistem informasi yang menjaga proses kegiatan
bisnis. Kegiatan bisnis yang berjalan harus seusai prosedur dan harus sesuai
dengan langkah – langkah yang telah ditetapkan dari awal.
Analisa :
Semua proses pemesanan / booking
merupakan bagian dari sistem informasi dimana langkah yang dilakukan bertahap
sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Ini merupakan fungsi dari Process
control system.
3. Enterprise Collaboration System
Penjelasan :
Enterprise collaboration systems
(ECS) adalah sistem informasi lintas fungsional untuk meningkatkan komunikasi,
koordinasi dan kolaborasi diantara anggota dari operasi bisnis. Sistem ini juga
digunakan untuk keperluan koordinasi dan pertukaran informasi di internal
perusahaan maupun dengan costumer.
Analisa :
Untuk memudahkan koordinasi dan pertukaran
informasi pada internal perusahaan, Gojek menghubungkan seluruh cabang di
berbagai daerah kedalam suatu jaringan. Sedangkan untuk menciptakan kenyamanan
costumer sendiri, Gojek memberikan informasi mengenai driver atau suksesor
layanan lainya, baik nama, foto, begitu pula sebaliknya, driver megetahui nama
serta no HP costumer, sehingga costumer dan driver bisa berkomunikasi secara
langsung.
Sistem Informasi untuk Pengambilan Keputusan Manajemen
1. Management Information Systems
Penjelasan :
Management information systems (MIS)
menyediakan laporan informasi bagi pihak
manajemen. MIS dihasilkan dari data yang dihimpun dari operasi bisnis.
MIS menyajikan informasi yang detail dan rangkuman informasi pilihan. MIS
berguna untuk efisiensi operasional
Analisa :
Laporan data, Monitoring layanan dan
Customer relationship management, adalah bentuk sistem informasi pada Go-Jek
yang memudahkan pihak manajemen mendapatkan data khusus, misal statistik dan
data pemesanan dan transaksi dari user, ataupun kinerja dari driver atau
suksesor layanan lainnya.
2. Decision Support Systems
Penjelasan :
Decision support systems (DSS)
merupakan langkah selanjutnya dari MIS dan TPS. DSS adalah sistem informasi
yang menggunakan model keputusan dan data khusus untuk membantu proses
pengambilan keputusan bagi manajemen. Gunanya untuk mendukung pihak manajemen
untuk memecahkan masalah tertentu dengan tepat.
Analisa :
Data khusus dalam sistem informasi
yang didapat dari pengumpulan data sebelumnya menjadi acuan manajer Go-Jek
sebagai bahan keputusan untuk memusatkan atau mengekspansi usaha, penentuan dan
rekruitmen driver atau suksesor layanan baru, serta pengembangan layanan.
3. Executive Information Systems
Penjelasan :
Executive information systems (EIS)
adalah tipe sistem informasi yang sesuai untuk kebutuhan informasi bagi
manajemen eksekutif. Tujuannya menyediakan dengan akses yang mudah dan cepat,
tentang informasi selektif faktor-faktor kunci dalam menjalankan tujuan
strategis perusahaan bagi manajemen eksekutif. Kemudian memberikan kebijakan
perusahaan secara umum atau kebijakan yang diperuntukan pada level di bawah,
yang kemudian akan di terjemahkan lebih spesifik oleh level di bawahnya dalam
sistem informasi.
Analisa :
Dalam EIS, eksekutif Go-Jek
memanfaatkan sistem informasi untuk menentukan kebijakan bagi peningkatan
keseluruhan perusahaan, seperti Penawaran Saham Perdana atau IPO agar potensi
pertumbuhan lebih cepat, menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya, serta
menganalisa kompetitor dan membuat kebijakan agar dapat bersaing.
Teknologi
Informasi yang digunakan
Dalam memberikan layanan, Go-Jek
memanfaatkan teknologi informasi, antara lain :
1.Teknologi End User
- Aplikasi Smartphone Android
- Aplikasi Smartphone IOS
2.Teknologi Database
- Cloud Computing
- Smartphone Storage
3.API (application programming
interface)
- Google Maps
- Google Place
- Transjakarta API
- Apotikantar API
Kelebihan Aplikasi Gojek :
1. Efisien
2. Mudah diakses
3. Praktis
Kekurangan
:
1.
Server error
2.
Tidak bisa memilih driver
3.
Tidak bisa pindah lokasi tujuan
Saran
untuk mencegah terjadinya server error :
1.
Memastikan tidak ada kerusakan server
2.
Memastikan koneksi tetap stabil
3.
Nama domain tidak mengalami kadaluarsa
sumber
:
http://www.go-jek.com
http://manfaat.co.id/manfaat-gojek
Komentar
Posting Komentar